Jenis-Jenis Ikan Air Payau, Berpeluang untuk Dijadikan Bisnis

| 08 Oct 2022 10:02
Jenis-Jenis Ikan Air Payau, Berpeluang untuk Dijadikan Bisnis
Ilustrasi Ikan Bawal (Foto: Twitter.com)

ERA.id - Jenis ikan dapat dikelompokkan berdasarkan kategori habitatnya, misalnya ikan air laut, ikan air tawar, ataupun ikan air payau. Dari jenisnya masing-masing, ikan-ikan tersebut mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda karena disesuaikan dengan jenis airnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas jenis-jenis ikan air payau. Namun, sebelum membahas jenis-jenis ikannya, kita akan membahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan air payau.

Air payau adalah pertemuan atau perpaduan antara air tawar dengan air laut atau air asin. Air dapat disebut ke dalam kategori payau jika dalam satu liternya terdapat kandungan garam antara 0,5 hingga 30 gram. Apa saja ciri-ciri air payau? Berikut penjelasannya:

· Terdapat stratifikasi cahaya dan suhu

· Mempunyai arus dan sistem perairan yang tenang

· Mempunyai residance time yang lama

· Jika dibandingkan dengan air mengalir, air payau memiliki kadar oksigen yang lebih rendah

Sedangkan yang termasuk ke dalam air payau sendiri, diantaranya adalah tempat-tempat berikut.

Adapun tempat-tempat yang dikategorikan mengandung jenis air payau antara lain:

· Teluk pantai

· Muara sungai

· Rawa yang mengalami pasang surut

· Badan air yang ada di balik pantai 

Selanjutnya, berikut adalah jenis-jenis ikan yang hidup di dalam air payau. Simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Ikan Air Payau

Jika Anda termasuk orang yang tertarik untuk memulai budidaya ikan air payau, berikut adalah jenis-jenis ikan air payau yang dapat Anda jadikan pilihan.

Ikan Bandeng

Tentunya banyak yang mengira jika ikan bandeng merupakan jenis ikan air laut. Namun, ternyata ikan bandeng dapat dibudidayakan juga di air payau. Dapat dikatakan, ikan bandeng adalah jenis ikan air payau unggulan.

Walaupun budidaya yang didapatkan di air payau tidak sebagus hasil budidaya di pertambakan, tapi dengan hasil tersebut paling tidak dapat menghasilkan keuntungan bagi para pebisnis yang memilih jenis ikan ini untuk dibudidayakan pada air payau.

Ikan Kerapu

Setiap orang sepertinya akan bersepakat jika ikan kerapu adalah ikan yang memiliki kualitas tinggi. Namun, sayangnya, ikan kerapu mengalami penurunan populasi. Hal tesebut disebabkan oleh teknis penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Kelangkaan ikan kerapu mengakibatkan harga yang melambung tinggi. Kini, ikan kerapu tidak dapat dikonsumsi dengan mudah seperti dulu, padahal rasa ikan kerapu begitu enak dan banyak orang yang menyukainya.

Ikan Kakap Putih

Digandrungi oleh banyak orang, ikan kakap putih dapat hidup di daerah tropis ataupun subtropis.

Sejauh ini, ikan kakap putih dapat mencapai berat hingga 60 kg dengan panjang 1,8 meter. Hal yang unik dari ikan jenis kakap putih yaitu daya tahannya yang mampu hidup di air payau dan air laut.

Kakap putih termasuk jenis ikan karnivora yang memburu ikan lebih kecil, terutama ikan dari jenis udang-udangan. Habitat asli dari kakap putih yaitu sungai-sungai jernih, pantai mangrove dan juga pantai berkarang.

Ikan Patin

Ilustrasi Ikan Patin (Foto: STIEBhaktipembangunan.com)

Terkait kualitas ikan patin, tentunya tak perlu lagi dipertanyakan. Ikan yang memiliki tekstur daging yang lembut ini dapat dibudidayakan di air payau.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, ikan patin dikategorikan sebagai jenis ikan yang memiliki pertumbuhan yang cepat. Ikan patin mempunyai ukuran yang lumayan besar dan juga daging yang sangat bagus untuk ukuran ikan air tawar. Inilah yang menjadikan jenis ikan air payau satu ini sebagai buruan pecinta kuliner.

Ikan Mujair

Ikan mujair sebelumnya dibudidayakan pada air tawar. Namun, fakta hari ini membuktikan bahwa ikan mujair juga dapat dibudidayakan di air payau. Banyak para pengusaha yang menjalankan budidaya ikan ini pada air payau dan berhasil dilakukan. Sebab, hasil budidaya yang didapatkan bahkan lebih bagus dalam air payau.

Ikan Nila

Seperti halnya dengan ikan mujair, ternyata ikan nila mampu hidup dan dibudidayakan di air payau. Pastinya hampir seluruh masyarakat indonesia sudah mengenal jenis ikan ini. Selain bisa dibeli dengan harga yang tidak terlalu mahal, ikan nila mempunyai rasa yang relatif enak untuk Anda konsumsi.

Bahkan, saat ini, selain ikan mas, ikan nila menjadi jenis ikan yang sangat populer dalam masyarakat. Ikan ini begitu sering dijumpai di pasaran, karena budidaya ikan nila yang termasuk mudah.

Ikan Bawal

Pada dasarnya, ikan bawal termasuk jenis ikan air tawar, tetapi tidak jarang juga yang dibudidayakan di air payau. Selain lebih cepat besar dari segi pertumbuhan, bawal yang dibudidayakan di air payau terasa lebih gurih apabila dibandingkan dengan bawal yang hidup di air tawar.

Ikan bawal adalah ikan yang memiliki rasa gurih dan enak, ikan ini masuk ke dalam kelas di atas rata-rata. Jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan piranha di amazon ini termasuk jenis ikan karnivora.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis ikan air payau yang bisa Anda temukan dengan mudah. Anda juga bisa menjadikan pertimbangan ikan-ikan air payau di atas sebagai peluang bisnis.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi