Kemanakah Donasi Uang Receh Kembalian Belanja Konsumen Indomaret?

| 08 Sep 2020 15:22
Kemanakah Donasi Uang Receh Kembalian Belanja Konsumen Indomaret?
Dok. Indomaret

ERA.id - Kamu pasti sering ditanya saat berbelanja di minimarket seperti Indomaret saat bayar di kasir apakah mau mendonasikan uang kembalian? Lalu ke mana uang donasi tersebut disalurkan?

Hasil uang kembalian donasi konsumen ternyata lari ke program Pengumpulan Uang atau Barang (PBU). Program PBU ini bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos). 

Kepala Bagian Program dan Pelaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Cecep Sulaiman mengungkapkan, ada program Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang dikelola oleh Kemensos. Uang hasil donasi konsumen Indomaret itu masuk ke dalam salah satu PUB yang bekerja sama dengan Kemensos.  

“Kalau belanja di Indomaret terus ada kembalian Rp 200 atau Rp 100 atau Rp 50 itu didonasikan saja ya. Nah itu termasuk salah satu upaya-upaya (PUB) dan semua dilakukan secara akuntabel. Dan ini penyalurannya disalurkan salah satunya melalui Kemensos,” kata Cecep Sulaiman saat webinar di The Center for Asian Philanthropy and Society (CAPS), Senin (7/9). 

Cecep mengatakan tidak menutup kemungkinan Indomaret atau yang lainnya melakukan pengumpulan dana bekerja sama dengan pihak lain. Namun, ia menjamin PUB Indomaret yang bekerja sama dengan Kemensos dipastikan tepat sasaran. 

Cecep mengungkapkan di tahun 2019-2020 program Indomaret tersebut, dananya disalurkan salah satunya kepada masyarakat di pedalaman dengan membangun saluran air bersih, balai sosial, rumah, sampai jamban atau toilet umum. 

Selain ke Kemensos, uang donasi itu juga mengalir ke PMI atau lembaga filantropi lainnya. Masih mau donasi uang kembalian?

Tags : donasi
Rekomendasi