Rara Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Tuai Pro Kontra, Iko Uwais Tanggapi Santai: Itu Kan Budaya

| 22 Mar 2022 13:37
Rara Pawang Hujan di MotoGP Mandalika Tuai Pro Kontra, Iko Uwais Tanggapi Santai: Itu Kan Budaya
Iko Uwais (YouTube)

ERA.id - Iko Uwais ternyata juga menyoroti kemunculan Rara si pawang hujan di MotoGP Mandalika yang mencuri perhatian publik. Iko sendiri tidak berkomentar sinis akan kehadiran Rara dan mengatakan bahwa pawang hujan memang sudah menjadi salah satu budaya Indonesia.

"Dibilang bangga ya ini kan budaya Indonesia. Jangankan Indonesia, negara manapun ada budayanya juga. Masing-masing budaya punya kelebihan dan punya ritual masing-masing," kata Iko Uwais, pada YouTube Gosip Ceria, Senin (21/3/2022).

Suami Audy Item itu mengatakan bahwa ia tak menganggap pawang hujan adalah suatu hal yang mistis. Pasalnya hal tersebut memang sudah ada sejak zaman dahulu dan percaya tak percaya, itu banyak terbukti terjadi.

"Gue nggak bilang itu mistis, nggak bilang magic, itu turun temurun pasti ada. Orang tua gue pun pasti pernah menjalani itu dan di depan mata kalau Betawi bilang kun fayakun terkabul, percaya nggak percaya ya harus percaya," tuturnya.

Meski demikian, Iko sendiri mengaku masih cukup awam dengan ritual yang dilakukan oleh Rara di Mandalika. Namun, ia tetap menghargai dan mengatakan bahwa hal tersebut memang sudah budaya sehingga cukup dihargai saja.

"Ibu yang viral di medsos ini (Rara) pun dia mempunyai ritual sendiri yang nggak pernah kita jalani dan lumayan awam di mata gue pribadi. Tapi kalau buat di segi agama, itu memang ada. Itu kan budaya ya, itu saja sih," pungkas Iko Uwais.

Kami juga pernah menulis soal Viral Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Husin Alwi: yang Nggak Percaya Pawang Hujan Berarti Bukan Orang Indonesia Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi