Teh Hijau Bisa Cegah Perut Kembung

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Jakarta, era.id - Perut kembung merupakan kondisi umum yang terjadi pada siapa saja. Kondisi ini biasanya terjadi karena makanan diet kamu atau kamu makan terlalu banyak.

    Dilansir dari express.co.uk, Senin (12/11/2018), perut kembung dapat disebabkan oleh makan makanan tertentu yang menyebabkan gas yang terperangkap, berbicara dengan mulut penuh makanan, atau makan sambil berdiri. Selain itu, perut kembung dapat disebabkan oleh konstipasi, sindrom iritasi usus, gas yang terperangkap, dan menelan udara.

    Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS).

    Pakar nutrisi Kellyann Petruci mengatakan,  teh hijau adalah salah satu minuman terbaik untuk menyingkirkan gas yang terperangkap ini. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan pencernaan serta membantu memperbaiki lapisan usus kamu.

    "Minum secangkir teh hijau setelah sarapan, makan siang dan makan malam akan membantu mencegah kondisi tidak nyaman," kata dia.

    "Teh hijau adalah salah satu minuman anti-kembung terbaik Ini membantu melepaskan gas, dan itu adalah diuretik alami," tambahnya.


    Ilustrasi (Pixabay)

    Untuk hasil terbaik, konsumsilah 2-3 cangkir per hari. Namun, teh hijau memang mengandung kafein. Jika perut kamu sensitif, mungkin bisa dicoba ditambahkan jahe. 

    Selain untuk mencegah kembung, minum teh hijau secara teratur juga bisa menurunkan kemungkinan terkena kanker. Antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 30 persen, dan bisa menurunkan risiko kanker prostat hampir setengahnya.

    Tetapi, kamu tidak boleh mencampur teh hijau dengan susu. Karena itu akan mengurangi kadar antioksidannya, malahan akan membuat manfaat teh hijau jadi hilang.

    Tag: kesehatan celoteh nazaruddin manfaat makanan

    Bagikan :