Siap-siap Update Usia Windows 7 Tinggal Sebentar Lagi

Tim Editor

Tampilan Windows 7 (Digital Trends)

Jakarta, era.id - Jika komputer atau laptop kalian masih menggunakan OS Windows 7, mungkin sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru. Sebab, Microsoft memutuskan tak akan lagi memberikan dukungan keamanan maupun pembaruan fitur bagi pengguna Windows 7 lagi.

Mengutip dari Digital Trends, Rabu (16/1) Microsoft mengumumkan akan menghentikan pembaruan fitur bagi Windows 7 terhitung 14 Januari 2020. Itu artinya usia sistem operasi Windows 7 hanya tersisa satu tahun lagi.

Keputusan ini diambil agar para pengguna bisa segara beralih ke sistem operasi Windows 10. Microsoft pun akan membantu peralihan pengguna dari Windows 7 ke sistem operasi terbaru saat ini. 

Hanya saja, bagi pengguna Windows 7 bisnis, diharuskan membayar biaya tertentu untuk terus mendapatkan dukungan pembaruan keamanan dari Microsoft. Biaya yang dikenakan berdasarkan per perangkat, dengan kenaikan harga setiap tahunnya. 

Dukungan pembaruan keamanan berbayar ini akan tersedia untuk pengguna Windows 7 Professional dan Windows 7 Enterprise. Sehingga dengan membayar biaya tertentu, Windows 7 khusus untuk para pelaku bisnis dan enterprise akan tetap mendapat dukungan hingga Januari 2023 mendatang. 

Namun jika pengguna memilih untuk tidak membayar, maka artinya setelah 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi memberi jaminan keamanan kepada pengguna Windows 7. 



Dikutip dari laporan NetMarketShare, sistem operasi Windows 7 masih menjadi perangkat paling populer secara global. Bahkan semenjak pertama kali meluncur pada 2015 lalu, Windows 10 baru bisa menyalip pangsa pasar milik Windows 7 akhir tahun kemarin.

Di mana pada Desember 2018, menunjukkan penggunaan Windows 10 melonjak 1,1 persen, naik menjadi 39,2 persen dari semua komputer pribadi. Sementara itu, Windows 7 mengalami penurunan hingga 36,9 persen dari semua komputer pribadi di seluruh dunia.

Tag: chipset teknologi 7nm microsoft windows 10

Bagikan: