Tak Hanya Bikin Bugar, Senam Ini Juga Bikin Tubuh Atletis

Tim Editor

Senam TRX di Sensa Studio Bandung. (Lui Mufaza/era.id)

Bandung, era.id - Untuk kamu yang gemar olahraga senam, pasti sudah tidak asing dengan TRX. Sebuah olahraga yang berasal dari Amerika Serikat (AS) yang pada mulanya dikhususnya untuk para tentara agar bisa menjaga kebugaran dan membentuk tubuh atletis. 

Firman Faturrahman, Instruktur TRX Sensa Studio Bandung menjelaskan, olahraga ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 90-an dan menjadi salah satu program olahraga untuk para tentara saat pertama memasuki akademi militer. 

"Karena sangat optimal dalam pembentukan dan pengencangan otot, olahraga ini mulai disukai oleh para wanita. Kebanyakannya sih wanita yang ingin mengembalikan bentuk tubuh paska melahirkan," kata Firman kepada era.id.

Olahraga satu ini juga banyak digemari selebritas tanah air, salah satunya Gracia Indria. Demi memangkas 20 kilogram berat badannya, Gracia melakukan teknik TRX dengan menggunakan media tali khusus bernama TRX Suspension Training. 

Firman mengatakan, tidak boleh asal dalam penggunaan perlengkapan tersebut. Sebab setiap gerakan memiliki teknik yang harus dikuasai. Jangan sampai nanti malah mengakibatkan cedera otot.



"Supaya enggak kaget, ada gerakan yang namanya adalah high impact, gerakan di step pertama agar si otot itu enggak kaget saat melakukan gerakan selanjutnya yang menggunakan tali TRX. Setelah itu kita memulai gerakan memang berada di rangkaian olahraga TRX ini," jelas Firman.

Selanjutnya, teknik jump squat. Firman bilang, gerakan ini memakai gerakan yang sangat dasar. Pada gerakan ini tali digunakan untuk menarik badan seperti sit up namun ditarik sehingga badan terangkat oleh tali. Gerakan lainnya adalah single leg, di mana tali akan ditarik oleh lengan yang melibatkan otot dada dan kaki. 

"Gerakan awalnya sudah bikin badan keringat. Jadi olahraga ini benar-benar membutuhkan pemanasan agar mengurangi resiko terkilir dan lainnya,"jelasnya.

Untuk mendapat hasil yang optimal, olahraga ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Mulai dari pemanasan, gerakan dasar, gerakan-gerakan inti TRX, sampai akhirnya masuk ke tahap stretching.

"Olahraga ini aman buat semua umur dan jenis kelamin. Jadi, walaupun dasarnya buat olahraga tentara militer, olahraga ini semakin disukai oleh kaum hawa untuk mengembalikan tubuh yang kendor,"ulasnya.

Hasil olahraga ini akan terlihat jika rutin dilakukan 3 kali dalam sepekan selama satu bulan. Otomatis akan membuat tubuh yang kendor menjadi lebih kencang. Selain itu, perhatikan juga pola makan dan minum untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Sensa studio yang beralamat di Jalan Terusan Jakarta nomor 174, Kota Bandung, membuka kelas TRX dan menyediakan paket per bulan dengan harga mulai dari Rp120 ribu. Buat yang ingin bayar setiap pertemuan pun bisa, cukup ngeluarin kocek sebesar Rp35 ribu. 

Tag: cabang olahraga boccia olahraga asyik

Bagikan: