Muncul Klaster COVID-19 di Sekolah, PTM di Kabupaten Bogor Diberhentikan

| 02 Feb 2022 12:47
Muncul Klaster COVID-19 di Sekolah, PTM di Kabupaten Bogor Diberhentikan
Bupati Bogor Ade Yasin (Diman/era.id)

ERA.id - Tak hanya di Kota Bogor, kasus penularan Covid-19 di lingkungan sekolah juga terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin memutuskan untuk memberhentikan sementara proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayahnya. Terutama di kawasan Cibinong Raya.

Ade Yasin menyebutkan bahwa kebijakan tersebut dilakukan pasca ditentukan banyaknya kasu positif Covid-19.

"Ada empat wilayah yang PTM nya diberhentikan. Seperti Cibinong, Bojonggede, Gunungputri, dan Cileungsi. Sementara kami ganti lagi dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Karena memang angka tertinggi penularan sekolah ya di wilayah itu," kata Ade Yasin, Rabu (2/2/22).

Dalam kebijakan ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor memberhentikan sementara pada jenjang SD dan SMP. Namun, Ade Yasin berharap hal serupa juga dilakukan oleh Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan untuk jenjang SMA/SMK terutama yang ada di wilayah Cibinong Raya.

"Ini untuk pencegahan ya. Karena memang angka penyebarannya tinggi. Dan harusnya ini juga diberlakukan untuk SMA/SMK," jelasnya.

Sementara, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor, Dadang Sufyan mengungkapkan, ada tujuh sekolah jenjang SMA/SMK yang terkonfirmasi siswanya terpapar Covid-19.

Yakni SMAN 1 Cileungsi, SMAN 1 Babakan Madang, SMAN 2 Jonggol, SMAN 1, 2 dan 4 Cibinong dan SMKN 1 Bojonggede.

"Laporan secara rinci belum, namun rata-rata di tiap sekolah tidak lebih dari lima (5) siswa positif," kata Dadang.

Menurutnya, siswa yang positif kebanyakan bukan tertular di lingkungan sekolah melainkan di lingkungan keluarga masing-masing.

"Imbauan ke sekolah baru dalam rapat dan belum secara tertulis, saya masih melihat perkembangannya seperti apa. Edaran terbaru dari Bupati saya juga belum dapat," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, kasus penyebaran Covid-19 terjadi di lingkungan sekolah Kota Bogor. Tak ingin menyebar, akhirnya Pemkot Bogor memberhentikan sementara kegiatan PTM di semua jenjang pendidikan.

 

Kami juga pernah menulis soal Jateng Kebobolan Omicron, Ganjar Dukung PPKM dan Kontrol PTM Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi