Selamat, BTS Terpilih Sebagai Entertainer of the Year 2020 Versi Majalah TIME!

Tim Editor

BTS (Instagram)

ERA.id - Boyband asal Korea Selatan, BTS terpilih sebagai Entertainer of the Year 2020 dari majalah TIME! Penghargaan ini diberikan kepada RM Cs atas prestasi yang telah mereka ukir sepanjang tahun 2020. 

Pada Kamis (10/12/2020) waktu setempat, TIME mengumumkan grup asal Korea Selatan, BTS berhasil mengambil alih gelar Entertainer of the Year tahun ini. 

Gelar baru ini diberikan oleh majalah TIME berdasarkan prestasi yang sudah ditorehkan oleh BTS sepanjang tahun 2020. Di mana mereka berhasil mencapai No. 1 di Billboard Hot 100, bertahan di tengah pandemi, rekor penonton konser streaming terbanyak, hingga berhasil masuk ke nominasi Grammy Awards 2021. 

“Yang memberi kami harapan dan kegembiraan tahun ini adalah penggemar dan anggota kami,” kata Jimin, dikutip TIME, Jumat (11/12/2020). 

Leader RM mengatakan pencapaian mereka sampai saat ini tak lepas dari peran ARMY, penggemar di seluruh dunia. Berkat mereka, BTS bisa menjadi idol grup asal Korea Selatan yang mendunia. 

“BTS bukan hanya artis K-pop terbesar di tangga lagu. Mereka telah menjadi band terbesar di dunia,” kata Raisa Bruner dari TIME. 

“Antara merilis banyak album, memecahkan setiap jenis rekor, dan muncul di streaming langsung luar biasa pada tahun 2020 ini, BTS naik ke puncak ketenaran pop,” lanjutnya. 

Catatan ini pertama kali ditorehkan BTS lewat lagu “Dynamite”, yang juga menjadi lagu pertama BTS dalam bahasa Inggris. Lagu itu berhasil bertahan di tangga lagu HOT 100 Billboard selama beberapa minggu sejak dirilis pertama kali. 

Selain “Dynamite”, lagu terbaru mereka “Life Goes On” dan album BE juga sama-sama mendunia dengan menjadi lagu Korea Selatan pertama yang menduduki puncak tangga lagu Billboard 100. 

Majalah TIME juga menyoroti kekuatan BTS dalam bidang lain selain musik. Di mana Jimin, V, Jungkook, RM, J-Hope, Suga, dan Jin membuat gerakan untuk berdonasi kepada Black Lives Matter. BTS tercatat menyumbang 1 juta dolar AS untuk mendukung gerakan Black Lives Matter di Amerika Serikat. 

“Itu bukan politik. Itu terkait dengan rasisme,”kata Jin. “Kami percaya setiap orang berhak untuk dihormati. Itulah mengapa kami membuat keputusan itu."

BTS (Instagram)

Selain itu BTS juga berhasil mendapat hak saham dari agensi dan juga labelnya. Menurut TIME hal semacam ini jarang terjadi di industri hiburan. Bahkan biasanya banyak kecurangan yang dilakukan oleh agensi maupun label ke artis yang bersangkutan. 

Pasukan ARMY juga menjadi sorotan bagi majalah TIME. TIME menganggap kekuatan fan BTS tidak berpengaruh dengan adanya pandemi. Mereka masih tetap bertahan dan mendukung penuh idolanya agar mendunia. 

Salah satu yang dilakukan oleh ARMY ialah mengeluarkan uang hanya untuk membeli kursi dalam rapat umum penggemar Trump, yang pada hari pelaksanaan kursi itu kosong. 

“Di era yang ditandai dengan begitu banyak kesedihan dan sinisme, BTS tetap setia pada pesan kebaikan, koneksi, dan penerimaan diri mereka. Itulah dasar hubungan mereka dengan penggemar,” ungkap TIME. 

Sementara itu untuk nominasi Grammy Awards 2021, BTS akan bersaing dengan sejumlah nama besar di industri musik, mulai dari One Day (J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy), Intentions (Justin Bieber ft. Quavo), Rain on Me (Lady Gaga, Ariana Grande), dan Exile (Taylor Swift ft. Bon Iver).

Tag: bts Majalah Time kpop

Bagikan: