Membaca Peluang Geng 'Crazy Rich Menteri' Dalam Pilpres 2024

Tim Editor

Sandiaga Uno (Dok. Instagram sandiuno)

ERA.id - Kabinet Indonesia Maju usai mengalami perombakan 'bertabur' pengusaha. Meskipun masuknya geng 'crazy rich' ke dalam suatu pemerintahan bukan hal yang baru, namun kali ini mereka dinilai berpeluang mendapat panggung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Adapun yang dinilai publik masuk dalam geng 'crazy rich' adalah menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono. Sementara yang berpotensi maju di Pilpres 2024 diprediksi adalah Sandiaga Uno hingga Erick Thohir.

"Dengan memperoleh posisi sebagai menteri, sebagai orang yang berada di kabinet tentu mereka punya panggung yang lebih luas," ujar Direktur Eksekutif Lingkar Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan seperti dikutip dari acara webinar bertajuk "Crazy Rich Masuk Kabinet: Membaca Politik Plutokrasi Era Jokowi" di kanal YouTube Forum Jurnalis Politik, Senin (28/12/2020).

Djayadi lantas mencontohkan peluang Sandiaga di Pilpres 2024 yang dinilai bisa lebih moncer dengan menduduki kursi menteri. Apalagi jika kementerian yang dipegangnya berhasil.

Djayadi bilang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Sandiaga memiliki posisi strategis untuk pemulihan ekonomi nasional. Terlebih masih banyak negara yang membatasi dunia pariwisatanya.

"Tentu panggung politiknya akan lebih luas kalau dia menjadi menteri apalagi kalau dia berhasil," kata Djayadi.

Selain itu, menurut Djayadi, menteri dengan latar belakang pengusaha dan memiliki kekayaan yang melimpah juga bisa dilihat sebagai modal untuk membiayai di Pilpres 2024.

"Dalam politik, pembiayaan itu penting. Mereka punya panggung, tapi biayanya kan mereka tidak kesulitan sebagai crazy rich," kata Djayadi.

"Jadi bagi crazy rich yang memegang posisi menteri menurut saya ini akan menjadi panggung yang lebih besar buat mereka. Mereka punya kesempatan yang jauh lebih luas daripada tidak masuk kabinet," imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Djayadi, dengan masuknya sejumlah orang kaya yang berpotensi maju di Pilpres 2024, sebenarnya juga memperlihatkan bahwa Presiden Joko Widodo sedang mengukur langkah bagi penerusnya. Adapun yang dimaksud Djayadi adalah Gibran Rakabuming Raka yang baru-baru ini ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Wali Kota Solo.

"Dia nanti bisa lihat ke depan itu siapa yang nanti bisa membantu calon mahkotanya. Dengan Pak Jokowi memberi bantuan kepada semua yang mungkin yang potensial, maka dia pasti akan punya hubungan yang baik," pungkasnya.

 

Tag: erick thohir kabinet indonesia maju sandiaga uno menteri baru crazy rich menteri

Bagikan: