Omicron Mengganas, Tingkat Keterisian Rumah Sakit Jadi Indikator PPKM

| 03 Feb 2022 07:42
Omicron Mengganas, Tingkat Keterisian Rumah Sakit Jadi Indikator PPKM
Wiku Adi Sasmito dok. BNPB

ERA.id - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rawat inap menjadi salah satu indikator penentu level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di suatu daerah.

Dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (2/2/2022), Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah kembali memperpanjang PPKM melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 6 dan Nomor 7 Tahun 2022.

"Melihat perkembangan situasi COVID-19 yang mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir, pemerintah memutuskan ke depannya untuk menyesuaikan indikator PPKM dengan mempertimbangkan indikator kepenuhan rawat inap di fasilitas kesehatan," kata dia.

Ia mengatakan dalam pengumuman PPKM selanjutnya terdapat kemungkinan perubahan level di daerah-daerah tertentu berdasarkan indikator tersebut.

Selama masa transisi dalam dua pekan ke depan akan tetap digunakan asesmen yang telah diumumkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 6 dan Nomor 7 Tahun 2022.

Wiku mengingatkan pemerintah daerah khususnya yang berada di PPKM Level 2 dan 3 untuk terus menegakkan protokol kesehatan, mengatur aktivitas yang bisa beroperasi, mengejar target vaksinasi dan pengujian di daerah, serta memantau ketersediaan layanan kesehatan.

Hal itu dilakukan agar daerah tersebut dapat menekan laju kasus COVID-19 dan menghindari kenaikan level di periode PPKM selanjutnya.

"Mohon bisa mengoordinasikan kendala penanganan baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah aglomerasi di daerah tersebut," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga memaparkan bahwa telah terjadi peningkatan kasus cukup besar dalam beberapa pekan terakhir jika dibandingkan awal Januari 2022.

Dia mengatakan telah terjadi peningkatan 40 kali lipat kasus positif mingguan jika dibandingkan dengan pada awal tahun.

Berdasarkan data Satgas Penganan COVID-19 pada pekan pertama Januari 2022 terdapat 1.409 kasus yang kemudian naik menjadi 3.027 pada pekan berikutnya. Jumlah itu kemudian naik menjadi 5.454 kasus pada satu pekan setelahnya.

Pada 23 Januari 2022, jumlah itu telah naik menjadi sekitar 14.000 kasus dan kemudian meningkat tajam menjadi 56.807 kasus per 30 Januari 2022.

"Peningkatan yang terjadi cukup tajam dan dalam waktu singkat kasus meningkat cukup besar dan berkali-kali lipat. Peningkatan kasus positif pada minggu ini adalah yang terbanyak," ucap Wiku.

Kami juga pernah menulis soal Virus Corona Hilang dan Lenyap Saat Imlek, Presiden Jokowi Hadiri Perayaan Tanpa Prokes dan Berkerumun, Cek Faktanya Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi