Ekonomi Indonesia Mulai Pulih, Sandiaga Beberkan Tips Portofolio Investasi dengan Return Besar

| 07 Apr 2022 14:02
Ekonomi Indonesia Mulai Pulih, Sandiaga Beberkan Tips Portofolio Investasi dengan Return Besar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Pasca terpaan pandemi Covid-19 dalam 2 tahun belakangan ini, tahun 2022 dianggap sebagai momentum kebangkitan ekonomi nasional. Hal tersebut yang membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini ini tahun yang tepat untuk berinvestasi.

Saat menjadi pembicara dalam kelas daring bertajuk “The Definitive Guide to become An Intelligent Investor” yang diselenggarakan oleh Ternak Uang.

Menurut Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut, ekonomi Indonesia akan mulai pulih. Selain sektor kesehatan dan industri berbasis digital, masih ada sektor lainnya yang menjanjikan keuntungan.

"Jadi kebangkitan ekonomi kita momentumnya mulai terbuka pada tahun 2022 di sektor sektor baru. Dipicu dan dipacu KTT G20, MotoGP, kita harapkan bisa ditangkap oleh para pebisnis, sekaligus penataan baru ekonomi Indonesia," tutur Sandiaga dalam keterangan resminya, Rabu 6/4/2022.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno memberikan sedikitnya 3 tips untuk berinvestasi. Dimana poin pertama yang ditekankan adalah untuk bersabar, khususnya para investor lama.

Bermain aman adalah tips yang aman dari portofolio yang tengah dimiliki. Himbauan tersebut berkaitan kebijakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memberikan keringanan bagi investor untuk tetap mendapat keuntungan.

"Jadi, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI) telah mengeluarkan peraturan, semua dividen yang diterima akan mendapatkan keringanan pajak asalkan reinvest atau investasi ulang. Jadi saya tidak mengurangi atau menambah portfolio lagi," ujar Sandiaga.

Selanjutnya sektor cantik seperti properti juga menjadi tips untuk menyusun portofolio berikutnya. Sektor tersebut dinilai Sandiaga Uno adalah sektor yang berpotensi menghasilkan profit tahun ini.

"Saya investasi di cyber security fund, pembiayaan (payment) karena di Indonesia belum banyak yang masuk, dan terakhir fintech. Memang (fintech) sudah banyak, tapi kehadirannya masih bisa memberikan manfaat pendanaan, terutama bagi UMKM," kata dia.

Terakhir, Sandiaga Uno menitik beratkan saran investasi pada portofolio yang mampu memberikan imbal hasil besar. Saham tersebut di antaranya yang bergerak pada bidang consumer good, health, digital agency, dan saham perusahaan yang menggunakan energi baru serta terbarukan.

Kendati perekonomian nasional tahun ini diproyeksikan bangkit, Sandiaga mengingatkan generasi muda agar lebih jeli dan teliti dalam menyusun portfolio investasi mereka.

"Fokus portfolio berinvestasi pada perusahaan yang mampu beradaptasi dengan tren ekonomi saat ini. Investasi itu harus punya nafas panjang, punya cara untuk mengonstruksi portfolio kita, caranya, peka dan beradaptasi dengan tren yang ada. Jadi, lihat perusahaan mana yang paling cepat beradaptasi," papar dia.

Tak hanya itu, Sandiaga juga turut mengingatkan generasi muda untuk selalu membumi dan tidak cepat puas dengan hasil investasi yang mereka dapatkan.

Kami juga pernah menulis soal Bersiap Menuju Endemi, Sandiaga Rayu Negara Tetangga Agar Berlibur Kembali ke Indonesia Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi