Cara Cetak Rekening Koran dan Persyaratannya, Pahami Sebelum ke Bank

| 26 Jul 2024 22:00
Cara Cetak Rekening Koran dan Persyaratannya, Pahami Sebelum ke Bank
Ilustrasi cara cetak rekening koran (Unsplash)

ERA.id - Rekening koran adalah istilah yang digunakan dalam dunia perbankan ketika mencetak laporan rekening. Namun penting untuk diingat bahwa proses pencetakan ini tidak dilakukan seperti biasa. Ada beberapa syarat dan prosedur yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum mencetak laporan ini. 

Cetak rekening koran digunakan untuk beberapa tujuan yang ingin dilakukan oleh pemiliknya. Rekening koran bisa digunakan untuk melacak mutasi atau riwayat transaksi, pengajuan VISA, pengajuan pinjaman, sebagai bukti hukum, dan lainnya. 

Mengingat kegunaannya cukup penting dan kerap dibutuhkan, setiap orang perlu mengetahui prosedur mencetak rekening koran dan apa saja persyaratan yang dibutuhkan.

Cara Cetak Rekening Koran

Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mencetak rekening koran:

Siapkan Buku Tabungan

Langkah awal untuk mencetak rekening koran adalah dengan menyiapkan buku tabungan yang Anda miliki. Buku tabungan ini berfungsi sebagai bukti bahwa Anda adalah pemilik sah dari rekening tersebut.

Selain membawa buku tabungan, pastikan juga untuk membawa identitas diri. Anda bisa menggunakan KTP atau identitas resmi lainnya yang diakui.

Datang ke Kantor Cabang Bank

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan siap, langkah berikutnya adalah pergi ke kantor cabang bank terdekat dari tempat tinggal Anda. Temui petugas yang bertanggung jawab atas pencetakan rekening koran, atau tanyakan terlebih dahulu kepada satpam.

Konsultasi dengan Customer Service

Jika Anda belum mendapatkan arahan yang jelas, cara terbaik untuk mendapatkan layanan pencetakan rekening koran adalah dengan menuju customer service. Jelaskan dengan jelas tujuan Anda mendatangi kantor cabang bank agar prosesnya berjalan lancar.

Proses Cetak Rekening Koran

Setelah tiba di customer service, layanan pencetakan biasanya akan langsung diberikan. Namun dalam situasi tertentu, proses pencetakan mungkin memerlukan beberapa hari. Oleh karena itu, terkadang pihak bank akan meminta waktu beberapa hari untuk menyelesaikan pencetakan tersebut.

Ilustrasi cara cetak rekening koran (Unsplash)

Syarat Cetak Rekening Koran

Pihak  bank memberlakukan beberapa persyaratan kepada nasabah yang ingin mencetak rekening koran. Berikut ini sejumlah dokumen yang harus dilengkapi untuk bisa mengajukan pencetakan rekening koran di bank:

Buku Tabungan Asli

Seperti halnya transaksi bank lainnya yang mengharuskan pemilik rekening asli untuk melakukan transaksi, syarat untuk mencetak rekening koran juga harus dilakukan oleh pemilik rekening. Untuk membuktikan bahwa yang melakukan pencetakan adalah pemilik asli, orang yang akan mencetak rekening koran wajib membawa buku tabungan asli.

KTP

Saat ingin mencetak rekening koran, pastikan bahwa KTP sudah disiapkan dengan baik. KTP berfungsi sebagai identitas yang membuktikan bahwa orang tersebut adalah pemilik rekening. Jika lupa membawa KTP, dokumen identitas lain yang bisa digunakan adalah SIM atau paspor. Pastikan membawa dokumen yang memuat identitas diri.

Kartu Debit

Untuk memastikan bahwa pemilik rekening sama dengan identitas di KTP, dokumen pendukung lainnya mungkin akan diminta. Ini dilakukan untuk mencegah penipuan yang semakin marak.

Oleh karena itu, pastikan kartu debit sudah siap untuk ditunjukkan kepada petugas. Tunjukkan kartu debit tersebut saat diminta oleh petugas. Jika tidak bisa menunjukkan, proses pencetakan rekening koran tidak akan bisa dilakukan.

Biaya Administrasi Percetakan

Selain menyiapkan berbagai dokumen penting seperti yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk menyiapkan biaya administrasi untuk pencetakan rekening koran. Setiap bank memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya administrasi ini.

Sebagai gambaran, berikut adalah biaya pencetakan rekening koran di beberapa bank:

  • Bank BCA : Rp2.500
  • Bank Mandiri : Rp2.500
  • Bank BNI : Rp3.000
  • Bank BRI : Rp5.000
  • Bank Permata : Rp10.000

Namun perlu diingat bahwa biaya cetak rekening dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan atau ketentuan dari pihak bank masing-masing. 

Demikianlah informasi mengenai cara cetak rekening koran dan persyaratan yang dibutuhkan. Jika Anda membutuhkan rekening koran untuk keperluan tertentu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mendapatkan rekening koran. Baca juga tips investasi untuk dana darurat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi