Hottest Issue Malam, Jumat 02 November 2018

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca setia era.id. Izinkan kami kembali menyajikan Hottest Issue, yang merupakan lima berita terpopuler yang terjadi sejak siang hingga sekarang. Lima berita ini, kami disajikan secara singkat dan padat. Selamat menikmati!

1. Taufik Kurniawan Ditahan

KPK resmi menahan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan (TK) yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen.

"TK (Taufik Kurniawan) ditahan 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK di kantor KPK Kavling C-1 Jakarta," kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Sebelumnya, KPK pada hari ini pula, Taufik Kurniawan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Usai diperiksa sekitar sembilan jam, Taufik menyatakan akan kooperatif mengikuti proses hukum di KPK.

Baca Juga : Taufik Kurniawan Gunakan Rompi Oranye KPK

"Satu hal yang ingin saya katakan secanggih-canggihnya rekayasa manusia, rekayasa milik Allah yang paling sempurna. Artinya, saya akan ikuti dan hormati proses hukum di KPK," kata Taufik yang telah mengenakan rompi jingga tahanan KPK itu.    


Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan ditahan KPK. (Wardhany/era.id)

2. Cukai Rokok Batal Naik

Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan tarif cukai hasil tembakau pada tahun ini. Hal itu diputuskan setelah rapat terbatas di Istana Kepresidenan di Bogor.

"Mendengar seluruh evaluasi dan masukan dari sidang kabinet, maka kami memutuskan bahwa untuk cukai tahun 2019,tidak akan ada perubahan atau kenaikan cukai," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, seperti dikutip dari Antara, Jumat (2/11/2018).

Baca Juga : Bea Cukai Rokok Batal Naik Tahun Ini

Lanjut dia, pihaknya juga menyampaikan bahwa skenario atau keputusan untuk penggabungan beberapa kelompok hasil tembakau penarikan cukai juga ditunda. "Kami juga akan menyampaikan skenario atau keputusan untuk penggabungan beberapa kelompok juga kita tunda," lanjutnya.

Dalam hal ini pemerintah akan tetap mengikuti struktur dari kebijakan cukai tahun 2018 baik dari sisi harga jual, eceran, maupun dari sisi pengelompokannya.

3. Luhut dan Menkeu ke Bawaslu

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengkarifikasi dugaan kampanye pada saat acara InternationaI Monetary Fund (IMF) dan International Word Bank 14 Oktober 2018.

Dalam pertemyab itu, Luhut membantah tuduhan telah mengondisikan foto dengan pose satu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara internasional yang digelar di Bali tersebut.

Foto pose satu jari tersebut dilaporkan sebagai sebuah pelanggaran kampanye pasangan dengan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin oleh Dahlan Pidow dan Advokat Nusantara.  

Baca Juga : Luhut dan Sri Mulyani ke Bawaslu Klarifikasi Dugaan Kampanye

"Ya dijelaskan enggak ada, boro-boro mikir kampanye, kita masih sibuk dengan kerja di sana. Kan semua enggak ada tidak ada dalam urusan kampanye," ungkap Luhut di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).


Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkeu Sri Mulyani. (Diah/era.id)

4. Cara Redakan Nyeri Pinggang

Nyeri di sejumlah bagian tubuh terutama pinggang dan punggung bisa muncul karena berbagai sebab, salah satunya karena kekakuan otot. Bila hal ini terjadi, istirahat adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan agar nyeri mereda.

Spesialis bedah saraf Brain & Spine Bunda Neuro Center, Dr. Wawan Mulyawan, mengatakan posisi istirahat yang paling bagus ialah telentang. 

"90 persen orang mengalami nyeri itu karena kaku otot. Sarannya untuk orang yang nyerinya sedang akut adalah istirahat. Istirahat yang paling bagus adalah dalam posisi telentang, bukan tengkurap dan miring," ujar dia dalam seminar bersama media di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (2/11/2018).

Baca Juga : Begini Cara Ampuh Redakan Nyeri Pinggang

Saat telentang, taruhlah bantalan di bawah kedua lutut untuk mengurangi keluhan nyeri saat nanti kamu terbangun. Jika kamu tak nyaman dengan posisi ini, kamu bisa beristirahat dalam posisi miring, namun tetap harus menyelipkan bantalan di antara kedua dengkul.    

5. Dolar AS Lepas dari Rp15 Ribu

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan akhirnya lepas dari angka Rp15.200. Sejak pagi tadi Rupiah menguat 41 poin menjadi Rp14.939 dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya.

Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (2/11/2018) di pasar valuta asing, dolar AS kemudian naik tipis ke Rp15.125. Posisi dolar AS kemudian turun tajam alias melemah ke Rp15.080, Posisi saat ini, dolar AS berada di kisaran Rp15.095.

Secara year to date (ytd), nilai dolar AS masih menguat terhadap rupiah sebesar 12 persen. Sementara harga jual kurs dolar AS di sejumlah bank nasional pagi ini terpantau sudah beranjak turun di bawah Rp15.200.        
Pukul 16.25 Bank BCA menjual dolar AS dengan harga Rp14.9750. Sedangkan Bank Mandiri yang memperjual belikan dolar AS dengan kisaran Rp15.065 sampai Rp15.115.

Baca Juga : Dolar AS Akhirnya Lepas Dari Rp15 Ribu

Tag: hottest issue

Bagikan: