Kim Jong Un dan Donald Trump Akan Bertemu

Tim Editor

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Pixabay)

Seoul, era.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan, negaranya tidak perlu lagi melakukan uji nuklir atau peluru kendali balistik antar benua, karena Korea Utara telah menyelesaikan tujuannya untuk mengembangkan senjata nuklir. 

"Untuk menjamin penangguhan uji nuklir secara terbuka, sarana percobaan nuklir di wilayah utara akan dihapuskan," kata Kim saat sidang paripurna pertama Komite Sentral Partai Buruh, seperti dikutip Antara, Jumat (20/4).

"Keseluruhan kegiatan partai dan negara akan diarahkan untuk membangun ekonomi sosialis dan semua upaya kami akan dilakukan untuk itu," sambungnya.

Diketahui, menjelang temu puncak dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, Korea Utara akan menangguhkan uji nuklir dan peluru kendali sesegera mungkin, serta menutup tempat percobaan nuklir. Langkah itu diambil untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan perdamaian di semenanjung Korea.

Baca Juga : Media Korut Tak Beritakan Rencana 'Damai' Kim-Trump

Korea Utara juga akan terlibat dalam pembicaraan dengan komunitas internasional dan membuka jalan bagi KTT dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang direncanakan berlangsung pekan depan.


Donald Trump dan Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Selain itu juga diagendakan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump pada akhir Mei atau awal Juni 2018. Mengetahui hal itu, Trump menyambut baik pertemuannya dengan pemimpin tertinggi Korut tersebut.

"Korea Utara setuju menangguhkan semua uji nuklir dan menutup tempat pengujian besar. Itu berita sangat baik untuk Korea Utara dan Dunia - kemajuan besar! Nantikan KTT kami," kata Trump lewat akun Twitternya.

Tag: konflik korea

Bagikan: