Napi Teroris Rampas Gadget Polisi untuk Live Instagram

Tim Editor

Narapidana teroris menyerahkan diri (Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen M Iqbal mengungkapkan, video yang diunggah narapidana untuk siaran langsung di Instagram diduga berasal dari salah satu gadget milik anggota Detasemen Khusus (Densus) 88. Gawai tersebut dirampas saat peristiwa pemberontakan terjadi. 

"Didugakan itu mereka merampas handphone dari petugas," kata Iqbal di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5/2018).

Iqbal mengatakan, ribuan aparat kepolisian dikerahkan dalam meredam aksi narapidana di Mako Brimob. Setelah 36 jam bertahan, para narapidana akhirnya menyerah usai diultimatum oleh Wakapolri Komjen Syafruddin. Adapun Ultimatum itu dilontarkan sebelum acara konferensi pers digelar. 

Menko Polhukam Wiranto menambahkan, selama proses penyanderaan para narapidana terorisme diketahui merampas senjata api dan bahan peledak milik aparat, atau barang bukti yang belum sempat disimpan di dalam gudang.

Baca Juga : Wakapolri : Ledakan di Mako Brimob Tidak Memakan Korban


(Foto: istimewa)

"Mereka merampas 37 pucuk senjata entah itu organik maupun militer. Senjata hasil sitaan dari aparat kepolisian lawan terorisme sebelumnya," kata Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers di Mako Brimob, Depok, Kamis (10/5/2018). 

Baca Juga : Ratusan Pelayat Hadiri Pemakaman Polisi Korban Kerusuhan Mako Brimob

Wiranto menyebut, sebanyak 156 narapidana teroris terlibat dalam penyanderaan dan pembunuhan di Mako Brimob. Seorang napi teroris tewas Rabu (9/5), dan 155 napi lainnya menguasai tiga blok rutan di Kompleks Mako Brimob.

Awalnya, hanya 145 napi teroris yang menyerah tanpa syarat setelah diultimatum, sedangkan 10 napi teroris lainnya sempat ngeyel dan melakukan penyerangan kepada aparat polri dalam operasi penyerbuan. 

Namun akhirnya, 10 napi teroris itu menyerah tanpa syarat setelah serbuan dilakukan dengan tembakan peringatan dan menggunakan bom asap.

Baca Juga : Berita Foto : Kerusuhan di Mako Brimob


(Infografis/era.id)

Tag: kerusuhan di mako brimob teroris

Bagikan: