Iklan Sepatunya Tuai Kontroversi, Bella Hadid Bakal Gugat Adidas

| 22 Jul 2024 17:15
Iklan Sepatunya Tuai Kontroversi, Bella Hadid Bakal Gugat Adidas
Bella Hadid di iklan sepatu Adidas (Twitter)

ERA.id - Supermodel Bella Hadid dikabarkan akan menggugat Adidas usai peluncuran sepatu untuk Olimpiade Paris 2024 menuai kontroversi. Ia disebut sudah menyiapkan tim pengacara untuk menggugat Adidas yang dinilai merugikan dirinya pada peluncuran selatu tersebut sebagai model.

Dilansir dari TMZ, pengacara Bella Hadid akan mengambil tindakan tegas terhadap Adidas karena tidak adanya transparansi dalam kerja sama. Bella Hadid disebut sama sekali tidak tahu bahwa sepatu yang ia iklankan berkaitan dengan peristiwa kelam di Olimpiade Munich 1972, yang berkaitan dengan Israel.

Sebelumnya Bella Hadid menjadi model iklan untuk peluncuran kembali sepatu Adidas SL72. Sepatu itu pertama kali diluncurkan pada Olimpiade Munich 1972 dan kini dirilis ulang untuk Olimpiade Paris 2024. 

Namun, iklan peluncurna kembali sepatu tersebut dengan Bella Hadid sebagai modelnya menuai kritik keras dari Israel. Ini lantaran pada Olimpiade Munich 1972 terjadi peristiwa kelam yang disebut Black September. 

Peristiwa itu menewaskan 11 atlet Israel dan pelatih, yang dibunuh oleh militan Palestina. Bella Hadid sendiri merupakan selebriti keturunan Palestina, yang selama ini kerap bersuara mendukung negara tersebut, bahkan semakin menegaskan dukungannya meskipun menuai kritik Israel akibat kampanye iklan tersebut. 

Atas kontroversi ini, Adidas sebelumnya sudah menyatakan permintaan maaf. Mereka mengklaim bahwa kampanye iklan sepatu dengan Bella Hadid terjadi secara tidak sengaja.

“Kami mengetahui adanya kaitan dengan peristiwa bersejarah yang tragis, meskipun ini sepenuhnya tidak sengaja dan kami minta maaf atas kekecewaan dan kekesalan yang disebabkan,” tulis Adidas.

Mereka juga berencana untuk merevisi iklan sepatu tersebut. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menghapus foto Bella Hadid yang mengiklankannya. 

Rekomendasi