Olivia Allan Diduga Alami Preeklamsia Gegara Kakinya Jadi Bengkak, Apa Itu?

| 25 Jul 2024 15:20
Olivia Allan Diduga Alami Preeklamsia Gegara Kakinya Jadi Bengkak, Apa Itu?
Denny Sumargo dan istrinya, Olivia Allan yang kondisi janinnya sungsang (Instagram/@ sumargodenny)

ERA.id - Beredarnya video memperlihatkan kaki istri Denny Sumargo, Olivia Allan yang terlihat membengkak menjadi perbincangan publik. Banyak netizen menduga perempuan kerap disapa Ci Oliv ini menderita preeklamsia. 

Dugaan ini bermula dari unggahan Denny Sumargo yang membagikan momen kehamilan trimester ketiga istrinya. Ia menyoroti perubahan fisik Olivia Allan,  termasuk di kakinya. Pria kerap disapa Densu ini mewajarkan ketika seorang ibu hamil kakinya mengalami pembengkakan.

Akan tetapi, banyak netizen menduga Olivia terkena penyakit preeklamsia. Mengetahui tudingan itu, Olivia Allan menegaskan dirinya tidak terkena preeklamsia. Dalam video klarifikasi di Instagram pribadinya, Olivia Allan menegaskan tekanan darahnya berada di angka normal yakni 127.

Lantas apa itu preeklamsia?

Dilansir dari laman Mayo Clinic, Preeklamsia merupakan salah satu komplikasi kehamilan. Dengan preeklampsia, ibu hamil mungkin memiliki tekanan darah tinggi, kadar protein yang tinggi dalam urin yang menunjukkan kerusakan ginjal (proteinuria), atau tanda-tanda kerusakan organ lainnya.

Preeklamsia biasanya dimulai setelah 20 minggu kehamilan pada wanita yang tekanan darahnya sebelumnya berada dalam kisaran standar.

Jika tidak diobati, preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan berakibat fatal bagi ibu dan bayi. Kelahiran bayi lebih awal sering direkomendasikan. Waktu persalinan tergantung pada seberapa parah preeklampsia dan berapa minggu kehamilan. 

Sebelum melahirkan, pengobatan preeklampsia termasuk pemantauan yang cermat dan obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah dan mengelola komplikasi. Preeklampsia dapat berkembang setelah melahirkan bayi, suatu kondisi yang dikenal sebagai preeklampsia pascapersalinan.

Gejala preeklamsia

Ciri khas preeklamsia adalah tekanan darah tinggi, proteinuria, atau tanda-tanda kerusakan ginjal atau organ lainnya. Orang lain mungkin tidak memiliki gejala yang terlihat. Tanda-tanda pertama preeklamsia sering terdeteksi selama kunjungan prenatal rutin dengan penyedia layanan kesehatan.

Seiring dengan tekanan darah tinggi, tanda dan gejala preeklampsia mungkin termasuk:

- Kelebihan protein dalam urin (proteinuria) atau tanda-tanda lain dari masalah ginjal

- Penurunan kadar trombosit dalam darah (trombositopenia)

- Peningkatan enzim hati yang mengindikasikan masalah hati

- Sakit kepala parah

- Perubahan penglihatan, termasuk kehilangan penglihatan sementara, penglihatan kabur atau sensitivitas cahaya

- Sesak napas, disebabkan oleh cairan di paru-paru

- Nyeri di perut bagian atas, biasanya di bawah tulang rusuk di sisi kanan

- Mual atau muntah

Kenaikan berat badan dan pembengkakan (edema) adalah tipikal selama kehamilan yang sehat. Namun, kenaikan berat badan yang tiba-tiba atau munculnya edema yang tiba-tiba, terutama di wajah dan tangan. Hal ini mungkin merupakan tanda preeklampsia.

Penyebab preeklamsia

Penyebab pasti preeklamsia kemungkinan melibatkan beberapa faktor. Para ahli percaya itu dimulai di plasenta, organ yang memelihara janin selama kehamilan. Di awal kehamilan, pembuluh darah baru berkembang dan berkembang untuk memasok oksigen dan nutrisi ke plasenta.

Pada wanita dengan preeklamsia, pembuluh darah ini tampaknya tidak berkembang atau bekerja dengan baik. Masalah dengan seberapa baik darah bersirkulasi di plasenta dapat menyebabkan pengaturan tekanan darah yang tidak teratur pada ibu.

Gangguan tekanan darah tinggi lainnya selama kehamilan. Preeklampsia adalah salah satu gangguan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang dapat terjadi selama kehamilan. Gangguan lain juga bisa terjadi:

- Hipertensi gestasional adalah tekanan darah tinggi yang dimulai setelah 20 minggu tanpa masalah pada ginjal atau organ lain. Beberapa wanita dengan hipertensi gestasional dapat mengembangkan preeklampsia.

- Hipertensi kronis adalah tekanan darah tinggi yang ada sebelum kehamilan atau yang terjadi sebelum 20 minggu kehamilan. Tekanan darah tinggi yang berlanjut lebih dari tiga bulan setelah kehamilan juga disebut hipertensi kronis.

- Hipertensi kronis dengan preeklampsia tumpang terjadi pada wanita yang didiagnosis dengan tekanan darah tinggi kronis sebelum kehamilan, yang kemudian mengembangkan tekanan darah tinggi yang memburuk dan protein dalam urin atau komplikasi kesehatan lainnya selama kehamilan.

Denny Sumargo dan Olivia Allan
Denny Sumargo dan Olivia Allan (Instagram/@sumargodenny)

Faktor risiko

Kondisi yang terkait dengan risiko preeklamsia yang lebih tinggi meliputi:

- Preeklamsia pada kehamilan sebelumnya

- Hamil dengan lebih dari satu bayi

- Tekanan darah tinggi kronis (hipertensi)

- Diabetes tipe 1 atau tipe 2 sebelum kehamilan

- Penyakit ginjal

- Gangguan autoimun

- Penggunaan fertilisasi in vitro

Kondisi yang terkait dengan risiko sedang mengembangkan preeklampsia meliputi:

- Kehamilan pertama dengan pasangan saat ini

- Obesitas

- Riwayat keluarga preeklampsia

- Usia ibu 35 atau lebih

- Komplikasi pada kehamilan sebelumnya

- Lebih dari 10 tahun sejak kehamilan sebelumnya

Faktor risiko lainnya

Beberapa penelitian telah menunjukkan risiko preeklampsia yang lebih besar di antara wanita kulit hitam dibandingkan dengan wanita lain. Ada juga beberapa bukti peningkatan risiko di antara wanita pribumi di Amerika Utara. Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa perbedaan risiko ini mungkin tidak selalu didasarkan pada biologi. 

Risiko yang lebih besar mungkin terkait dengan ketidakadilan dalam akses ke perawatan prenatal dan perawatan kesehatan secara umum, serta ketidakadilan sosial dan stresor kronis yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan.

Pendapatan yang lebih rendah juga dikaitkan dengan risiko preeklampsia yang lebih besar kemungkinan karena akses ke perawatan kesehatan dan faktor sosial yang mempengaruhi kesehatan.

Untuk tujuan membuat keputusan tentang strategi pencegahan, seorang wanita kulit hitam atau wanita berpenghasilan rendah memiliki risiko yang cukup meningkat terkena preeklampsia.

Pencegahan

- Obat-obatan

Bukti klinis terbaik untuk pencegahan preeklampsia adalah penggunaan aspirin dosis rendah. Penyedia perawatan primer kamu dapat merekomendasikan minum tablet aspirin 81-miligram setiap hari setelah 12 minggu kehamilan jika memiliki satu faktor risiko tinggi untuk preeklampsia atau lebih dari satu faktor risiko sedang.

Penting bagi mereka untuk berbicara dengan dokter sebelum minum obat, vitamin, atau suplemen apa pun untuk memastikannya aman . Gaya hidup dan pilihan sehat juga penting. Sebelum hamil, terutama jika pernah mengalami preeklampsia sebelumnya, ada baiknya jalani pola hidup sehat. Bicaralah dengan dokter tentang mengelola kondisi apa pun yang meningkatkan risiko preeklampsia.

Kapan harus menemui dokter?

Pastikan menghadiri kunjungan prenatal, sehingga penyedia layanan kesehatan  dapat memantau tekanan darah. Hubungi dokter atau pergi ke ruang gawat darurat jika mengalami sakit kepala parah, penglihatan kabur atau gangguan penglihatan lainnya, sakit perut parah, atau sesak napas parah.

Karena sakit kepala, mual, dan nyeri dan nyeri adalah keluhan kehamilan yang umum, sulit untuk mengetahui kapan gejala baru hanyalah bagian dari kehamilan dan kapan mereka mungkin mengindikasikan masalah serius, terutama jika ini adalah kehamilan pertama. Jika kamu khawatir tentang gejala tersebut, segera hubungi dokter.

Rekomendasi