Disebut Roti Paling Sehat, Ini 5 Fakta Kesehatan Sourdough yang Harus Kamu Tahu

| 16 Feb 2021 19:15
Disebut Roti Paling Sehat, Ini 5 Fakta Kesehatan Sourdough yang Harus Kamu Tahu
Roti Sourdough (Dok.aheadofthyme.com)

ERA.id - Sourdough merupakan roti fermentasi yang memiliki cita rasa asam. Roti ini sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Sourdough dibuat dengan menggunakan ragi yang difermentasi secara alami.

Proses pembuatan sourgdough yang hingga saat ini masih sama seperti dulu membuat roti ini disebut sebagai roti paling sehat untuk dikonsumsi. Hal apa sajakah yang membuat sourdough disebut sebagai roti paling sehat dibanding roti biasa?

Inilah alasannya yang harus kamu tahu tentang roti sourdough seperti dilansir Healtline, Selasa (16/2/2021)

1. Baik untuk kesehatan usus 

Dengan mengonsumsi sourdough akan menjaga kesehatan usus. Hal ini karena kandungan ragi alami yang ada dalam sourdough. Pembuatan ragi yang melalui proses fermentasi alami ini membuat roti ini mengandung banyak bakteri yang baik untuk kesehatan usus.

Hal ini jugalah yang membuat mengonsumsi sourdough akan memperlancar proses pencernaan. Usus yang sehat akan membuat proses pencernaan dalam tubuh berjalan lebih lancar.

2. Mengandung lebih banyak nutrisi 

Roti pada umumnya mengandung senyawa asam fitat yang berperan mengawetkan gandum supaya tidak berbau. Tetapi yang tidak baik dari asam fitat ialah senyawa asam ini mengunci kandungan nutrisi yang ada pada roti, sehingga tidak dapat langsung diterima oleh tubuh sesudah mengonsumsi roti. 

Roti Sourdough (Dok. breadandbasil.nyc)

Namun berbeda dengan sourdough, proses pembuatannya yang membutuhkan waktu fermentasi cukup lama memecah kandungan asam fitat pada adonan. Hal ini membuat nutrisi - nutrisi yang ada pada adonan sourdough bebas dari asam fitat, dan dapat langsung diterima oleh tubuh begitu mengonsumsinya. Nutrisi yang dapat langsung diterima tubuh setelah megonsumsi sourdough mulai dari kalsium, magnesium, hingga zat besi.

3. Memiliki indeks glikemik yang rendah 

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat suatu makanan. Angka ini menunjukkan kadar glukosa darah yang terjadi pada tubuh setelah mengonsumsi suatu makanan. Kebanyakan roti biasa memberikan efek lonjakan kadar gula darah secara cepat begitu mengonsumsinya.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk sourdough. Roti ini memiliki angka indeks glikemik yang cukup rendah bahkan cenderung tidak ada, sehingga jika mengonsumsinya tidak akan meningkatkan kadar gula darah tubuh. Ini terjadi karena proses fermentasi pembuatannya yang cukup lama membuat gula dan pati pada tepung terpecah dan terurai.

4. Bebas bahan kimia

Bahan utama dari pembuatan sourdough hanyalah tepung, air, dan garam. Proses pembuatannya yang melalui fermentasi ragi alami bukan menggunakan ragi instan, membuat sourdough bebas dari bahan kimia. Selain itu sourdough tidak mengandung bahan pengawet ataupun bahan pemanis lainnya seperti roti biasa. Inilah yang membuat sourdough sangat sehat untuk dikonsumsi karena tidak memberikan penumpukan bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh.

5. Cocok untuk dikonsumsi saat diet

Sourdough sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Bahan pembuatan roti yang alami dan kandungan gula di dalamnya sangat rendah membuat roti ini baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi satu buah sourdough sudah membuat kenyang dan akan tahan lebih lama dari roti biasa. Ini menguntungkan untuk diet, karena dengan mengonsumsi satu sourdough saja sudah membuat kenyang dan juga memberi kelancaran pada pencernaan.

Nah, itulah alasan kenapa sourdough disebut sebagai roti paling sehat dibandingkan dengan roti lainnya. Jadi, apakah kamu sudah mencoba roti yang satu ini?

Rekomendasi