Orang Tertua di Dunia Versi Catatan Guinness World Records

| 08 Dec 2022 12:40
Orang Tertua di Dunia Versi Catatan Guinness World Records
Saturnino de la Fuente GarcĂ­a (Twitter)

ERA.id - Hingga saat ini, semakin banyak orang yang hidup untuk merayakan ulang tahun ke-100 mereka, bisa jadi karena harapan hidup di seluruh dunia meningkat. Lantas siapa orang tertua di dunia? Mari simak jawabannya melalui artikel ini.

Metro.co.uk mencatat berdasarkan sebuah studi tahun 2021, bahwa umur manusia maksimum yang mungkin adalah antara 120 dan 150 tahun. Kemudian hanya sekelompok 'super-centenarian' yang terpilih telah berhasil melewati angka yang luar biasa tersebut, sementara beberapa orang hampir berhasil sejauh itu.

Sebelumnya orang tertua di dunia versi Guinness World Records yang bernama Saturnino de la Fuente García dari Spanyol telah meninggal pada Januari 2022. Garcia meninggal pada usia lanjut 112 tahun dan 341 hari, tepat sebelum ulang tahunnya yang ke-113.

Siapa manusia tertua di dunia?

Lucile Randon menjadi wanita tertua di dunia (Twitter)

Menurut Guinness World Records, orang tertua yang kini masih hidup adalah Lucile Randon yang lahir pada Februari 1904, dan diverifikasi berusia 118 tahun 73 hari pada April 2022.

Meskipun demikian, ada beberapa wanita yang mengklaim gelar ini, namun belum diverifikasi oleh badan independen atau resmi.

Pertama ada wanita Afrika Selatan Johanna Mazibuko, yang memegang KTP dan menyatakan bahwa dia lahir pada tahun 1894. Jika benar demikian, ia sudah berusia 128 tahun pada Mei 2022.

Sementara itu, seorang nenek dari Brazil yang Maria Gomes dos Reis juga diduga mendekati usia 122 tahun pada Juni 2022.

Perlu diketahui, pemegang Rekor Dunia Guinness sebelumnya adalah Kane Tanaka dari Jepang, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-119 pada Januari 2022.

Kane lahir pada tahun 1903 atau pada tahun yang sama dengan penerbangan pertama diluncurkan dan Tour de France pertama diadakan. Kane hidup melalui dua Perang Dunia, melihat 58 perdana menteri, dan selamat dari flu Spanyol 1918.

Kini Kane Tanaka tinggal di panti jompo di prefektur Fukuoka, dan meninggal dunia pada April 2022. Guinness Book of Records mengakui status Kane pada Maret 2019, ketika dia berusia 116 tahun.

Perlu diketahui, Kane hingga hari ini adalah orang tertua yang diketahui dalam sejarah Jepang – sebuah rekor yang dicapai saat berusia 117 tahun dan 261 hari pada September 2020.

Orang tertua di dunia sepanjang sejarah

Prancis Jeanne Calment manusia paling tua di dunia yang pernah tercatat (Twitter)

Satu-satunya orang yang diverifikasi hidup melewati usia 120 tahun adalah warga negara Prancis Jeanne Calment, yang hidup selama 122 tahun dan 164 hari sebelum kematiannya pada tahun 1997.

Jeanne yang lahir pada tahun 1875, hidup lebih lama dari putri dan cucunya, dan dinyatakan sebagai orang tertua yang pernah hidup pada tahun 1995.

Namun sekali lagi, ada pesaing lain yang belum diverifikasi untuk gelar ini, termasuk Johanna yang berusia 128 tahun dari Afrika Selatan.

Wanita lain ada Francisca Susano yang dilaporkan berusia 124 tahun pada saat kematiannya pada November 2021.

Francisca, yang akrab dipanggil Lola Iska, diyakini lahir di Filipina pada tahun 1897. Pejabat pemerintah setempat mengatakan dia adalah orang tertua di dunia, melampaui pemegang rekor sebelumnya dua tahun.

Diperkirakan Rekor Dunia Guinness sedang memeriksa dokumen baru-baru ini pada September 2021, tetapi dia meninggal sebelum mereka dapat memverifikasi usianya secara independen.

Selain orang tertua di dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi