Suksesnya Asian Games dan Peran Luar Biasa Relawan

Tim Editor

Terima kasih buat relawan aka voluntter Asian Games 2018 (Foto: Bagus/Kemenpora)

Jakarta, era.id - Indonesia banjir pujian. Ajang Asian Games 2018 dipuja-puji banyak pihak. Mulai dari opening ceremony hingga acara penutupan yang pecah banget.

Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah Minggu (2/8) malam tadi resmi menutup Asian Games. Obor Asian Games juga sudah diserahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kepada delegasi China yang diwakili Walikota Hangzhou, Xu Liyi. Hangzhou akan mendapat kehormatan menggelar Asian Games 2022 mendatang.

Tanpa banyak yang tahu, salah satu penyokong kesuksesan acara ini ada di pundak ribuan para relawan atau yang lazim disebut volunteer. Kerja apik para relawan yang didominasi anak muda patut diacungi jempol. Untuk pelayanan area Jakarta dan Palembang, serta beberapa venue pendukung di wilayah Jabar dan Banten, INASGOC merekrut sejumlah 20.741 volunteer.

Syarat mau jadi relawan Asian Games

Proses rekrutmen tergolong ketat dan profesional, sejak pendaftaran via online, psikotes, tes bahasa Inggris dan bila ada kemampuan tambahan bahasa asing lainnya menjadi kredit poin tersendiri, dan diadakan pelatihan.

Dilansir dari situs resmi asiangames2018.id, terdapat sejumlah syarat buat menjadi relawan. Persyaratan-persyaratan itu meliputi berbagai macam hal, mulai dari batas usia hingga beberapa persyaratan administratif.

Baca juga: Menciptakan Relawan Asian Games yang Siap Melayani

Setelah resmi mereka mengemban tugas cukup berat karena membawa nama baik bangsa dan negara. 70% ditugaskan sebagai Liaison Officer (LO), memberikan pelayanan tamu-tamu VIP dan menjadi garda terdepan penghubung antara INASGOC dengan seluruh peserta Asian Games. Adapun sisanya membantu Protocol Assistant, NOC Assistant, dan Work Force. Karena mereka yang bersentuhan langsung dengan peserta, maka lancar tidaknya saat even akbar Asia ini digelar terletak dipundaknya.

Yang mengagumkan adalah tanpa imbalan yang memadai, mereka bekerja dengan hati demi negeri tercinta. Mereka ingin menjadi bagian sejarah yang sulit terulang dalam waktu dekat, ingin Indonesia dikenang dunia sebagai tuan rumah yang baik, negara yang ramah, aman, tenteram, dan damai, bersahabat dengan siapapun tanpa memandang etnis dan negara asalnya. 

Atas kerja keras, cerdas, dan ikhlasnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi tersendiri untuk para relawan saat memberikan sambutan pada Closing Ceremony.

Baca juga: Asian Games dan Semangat Jadi Bangsa Pemenang

"Terima kasih untuk anak-anakku para relawan, kalian bekerja sepenuh hati sehingga semua tamu serasa di rumah sendiri, tanpa kalian Asian Games tidak akan berjalan baik, lancar, dan sukses," puji Wapres Jusuf Kalla yang juga sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018. 

Tag: relawan asian games 2018 asian games 2018

Bagikan: