Dear Bu Risma, Ditunggu Blusukannya ke Seluruh Indonesia

Tim Editor

Ilustrasi-Mensos Risma di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur” di Bekasi, Senin (28/12). (Foto: Kemensos RI)

ERA.id - Aksi blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menuai reaksi beragam. Tak sedikit yang menilai Risma sedang melakukan pencitraan dengan menemui tuna wisma di kawasan DKI Jakarta.

Merespons hal itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengaku mengapresiasi kerja nyata tersebut. Namun, Mardani juga menunggu Risma melanjutkan blusukannya ke seluruh Indonesia

"Bu Risma jika sudah blusukan bagus. Dan karena beliau Menteri Sosial untuk seluruh NKRI kita tunggu aksi blusukannya di provinsi atau daerah lain," ujar Mardani saat dihubungi, Kamis (7/1/2020).

Lebih lanjut, Mardani mengingatkan bahwa kerja sebagai Menteri Sosial tidak hanya sebatas blusukan saja. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu dibenahi Risma.

Pertama Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang kerap kali tak akurat. Akibatnya, banyak program bantuan dari pemerintah yang tak tepat sasaran

"Mulai dari kriteria hingga pola updatingnya. Seringkali tidak akurat. Yang mampu dapat bantuan. Yang sangat perlu karena tidak terdaftar, tidak dapat bantuan. Yang meninggal masih ada yang miskin baru karena pandemi tidak masuk," kata Mardani.

"Kedua, Mardani menyarankan Risma membuat mekanisme evaluasi yang tajam dan berkesinambungan.

Selanjutnya, mekanisme penyaluran bantuan secara manusiawi dan efektif. Mardani mengingatkan supaya tidak ada korupsi, serta alat politisasi

"Jangan lagi ada antrean, jangan lagi ada korupsi dan jangan lagi dijadikan alat politisasi. Pastikan semua terkoneksi dengan perbankan. Petugas penyuluh sosial yang dimiliki Kemensos bisa membantu membuatkan rekening bank dan mengajarkan cara untuk dapat uangnya," kata Mardani.

Tag: mensos tri rismaharini mensos risma blusukan blusukan

Bagikan: