Perbedaan Sirloin dan Tenderloin, Pecinta Steak Wajib Tahu

| 28 Jan 2023 19:05
Perbedaan Sirloin dan Tenderloin, Pecinta Steak Wajib Tahu
Perbedaan sirloin dan tenderloin (Unsplash)

ERA.id - Terdapat perbedaan sirloin dan tenderloin yang signifikan. Jika Anda pecinta makan steak atau korean barbeque, lebih suka yang mana?

Perlu diketahui, sirloin dan tenderloin adalah dua jenis daging sapi yang berbeda. Sirloin berasal dari bagian belakang sapi, sedangkan tenderloin berasal dari bagian dalam sapi.

Selain itu, sirloin lebih keras dan kaya akan daging, sementara tenderloin lebih empuk dan lebih sedikit dagingnya. Tenderloin juga lebih mahal dibanding sirloin. Dilansir dari Bbq Revolt, berikut ini perbedaan spesifik antara kedua daging sapi tersebut:

  1. Lokasi

Tenderloin atau daging has dalam terletak dari bagian tengah daging sapi. Sementara itu, sirloin bagian atas dan bawah mengelilingi tenderloin.

Inilah sebabnya mengapa sirloin disebut sebagai daging bagian luar. Sirloin dimulai dari ujung iga dan membentang hingga ke bagian luar iga.

  1. Profil Lemak

    sirloin lebih banyak lemak (Unsplash)

Meskipun kedua potongan daging ini tidak berlemak, keduanya memiliki kadar lemak yang berbeda. Berbeda dengan tenderloin, bagian sirloin sangat sering digunakan untuk menggerakkan hewan.

Meskipun otot-otot sirloin terbungkus lemak, dagingnya masih lebih rendah lemak; khususnya, bagian atas sirloin rendah lemak.

Dalam 100 gram sirloin mengandung 8 gram lemak, sedangkan 100 gram sirloin bagian bawah mengandung 10 gram lemak.

Sebaliknya, tenderloin mengandung lebih banyak lemak daripada sirloin. 100 gram tenderloin mengandung sekitar 18 gram lemak.

  1. Kelembutan

Tenderloin lebih lembut dan empuk daripada sirloin. Kelembutannya secara langsung disebabkan oleh fakta bahwa ototnya hampir tidak digunakan untuk menggerakkan hewan.

Awalan sir berasal dari kata bahasa Inggris “sir”, yang berarti pria tangguh. Sirloin terdiri dari otot-otot yang digunakan untuk menggerakkan hewan. Oleh karena itu, sirloin jauh lebih keras daripada tenderloin.

  1. Rasa

Karena tenderloin dikelilingi oleh lemak, maka lemak tersebut memberikan rasa yang juicy dan gurih saat dimasak.

Namun, sirloin masih menang dalam kategori rasa meskipun mengandung lebih sedikit lemak.  Percaya atau tidak, tenderloin tidak terkenal karena rasanya. Tenderloin populer karena kelembutannya.

Inilah sebabnya mengapa Anda akan melihat steak tenderloin seperti filet mignon yang dikombinasikan dengan rasa yang lebih kuat untuk meningkatkan rasa yang sudah ada.

  1. Waktu Memasak

    sirloin dan tenderloin memiliki perbedaan waktu memasak (unsplash)

Tenderloin karena lebih lembut dan empuk daripada sirloin, waktu memasaknya lebih singkat. Meskipun tenderloin dapat dipanggang, jangan memasaknya terlalu lama, atau Anda akan mendapatkan steak yang kering.

Di sisi lain, sirloin memiliki waktu memasak yang lebih lama. Oleh karena itu, sirloin biasanya dikukus atau dipanggang hingga empuk.

Apakah Sirloin Dapat Menjadi Pengganti Tenderloin?

Meskipun Anda dapat menggunakan sirloin sebagai pengganti sirloin, namun tidak disarankan. Ada terlalu banyak perbedaan yang mencolok antara sirloin dan tenderloin. Maka untuk memilih potongan daging sapi seperti sirloin butt roast, top blade roast, strip loin roast, rib roast, pork tenderloin, dan ribeye roast.

Potongan daging sapi ini jauh lebih terjangkau dan beraroma?

Sekali lagi, tenderloin dan sirloin bukanlah hal yang sama. Ribeye steak atau New York strip steak adalah yang paling mendekati sirloin karena memiliki rasa daging sapi yang sama kuatnya dengan sirloin.

Namun, steak ini lebih mahal daripada sirloin karena mengandung lemak intramuskular dalam jumlah yang sehat. Jika Anda mencari pengganti sirloin steak yang murah, Anda dapat memilih steak flank dan round steak.  

Sirloin Paling Cocok untuk Apa?

Sirloin paling baik jika Anda grill bbq dengan banyak orang.  Sirloin tidak hanya ramah di kantong, tetapi juga memiliki rasa daging sapi yang padat dan marbling yang cukup.

Sirloin juga memiliki tekstur padat yang sempurna bagi mereka yang lebih menyukai steak dengan sedikit kunyahan.

Tenderloin cocok untuk apa?

Tenderloin paling cocok jika Anda menginginkan steak yang sangat empuk. Karena harga tenderloin cukup mahal, Anda mungkin perlu memesannya untuk acara-acara khusus seperti wisuda atau pernikahan, bukan untuk makan malam.

Selain  perbedaan sirloin dan tenderloin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi