Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024, Bahlil: Jangan Haramkan Barang yang Tidak Haram

| 30 Mar 2022 21:05
Soal Wacana Penundaan Pemilu 2024, Bahlil: Jangan Haramkan Barang yang Tidak Haram
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (Antara)

ERA.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berdampak positif bagi dunia investasi. Namun, dia menekankan, wacana itu tentu harus dilakukan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Bahlil mengatakan, para pengusaha maupun investor juga melihat suhu politik di Indonesia. Mereka butuh kepastian dan stabilitas politik sebelum menanam investasi.

"Nah kalau wacana penundaan ini bisa dilakukan secara komprehensif dan sesuai dengan mekanisme undang-undang, dalam pandangan saya, itu akan bagus untuk investasi, dalam pandangan saya. Tapi selama memenuhi kaidah aturan sesuai dengan undang-undang dan mekanisme tata kelola negara," kata Bahlil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Lebih lanjut, Bahlil menegaskan bahwa wacana penundaan Pemilu 2024 bukan barang haram yang tidak patut dibicarakan maupun dibahas. Apalagi pendapat itu disampaikan di gedung parlemen.

"Parlemen ini kan lembaga demokrasi. Orang mau cerita apa aja boleh termasuk penundaan pemilu. Jadi jangan diharamkan barang yang tidak haram gitu loh," kata Bahlil.

Menurutnya, pemikiran yang bertujuan untuk kebaikan rakyat, wajar saja disampaikan, termasuk wacana penundaan Pemilu. Hanya saja, wacana itu perlu dikaji lebih lanjut dan yang berwenang memutuskan adalah DPR RI.

"Sesuatu pemikiran yang komstruktif untuk kebaikan rakyat bangsa dan negara termasuk penundaan pemilu itu sesuatu yang wajar-wajar saja tinggal gimana proses di parlemen. Boleh apa tidak, monggo diselesaikan di sini," ucapnya.

Sebelumnya, Bahlil juga pernah mengungkapkan agar Pemilu 2024 ditunda. Dengan dalih aspirasi dari para pengusaha yang merasa pentingnya memulihkan ekonomi pasca pandemi Covid-19 tidak terganggu oleh urusan politik.

Wacana dan alasan serupa kemudian juga diutarakan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Lalu mendapat dukungan dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Kami juga pernah menulis soal PKB Beda Pendapat dengan PDIP Soal Wacana Penundaan Pemilu, Cak Imin: Saya Tunggu Dipanggil Bu Mega Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi